Memaster Burung Kenari

Burung Kenari atau dalam baha latinnya Serinus Canaria, adalah salah satu jenis burung impor yang sangat digemari di Indonesia. Kualitas Irama Lagu sangat menentukan ‘harga dan nilai’ dari burung Kenari, khususnya di Indonesia. Memaster burung kenari sudah di mulai dimaster sejak 250 tahun yang lalu di negara-negara besar di Eropa. Tujuan pemasteran pada waktu itu sampai saat masih sama, yaitu mendapatkan lagu yang baik sesuai yang diinginkan.

cara-memaster-burung-kenari
Umumya burung Kenari yang berkelamin jantan mulai berkicau dimulai dari usia 3 bulan. Pada usia ini hormon vital reproduksi mulai terbentuk. Tanda awal dimulai dari ngeriwik kemudian akhirnya kicaunya mulai lantang dan panjang. Karakter dasar lagu burung Kenari adalah nada pendek patah-patah yang diulang dan disambung menjadi panjang secara harmonis.
Kemampuan berkicau burung Kenari jantan sangat dipengaruhi oleh komposisi “steroid hormon” yang ada di tubuh burung kenari. Hormon Steroid tersebut adalah: Hormon Estrogen, Hormon Progestrogen dan Hormon Testosterone. Untuk burung Kenari jantan, level hormon Testosterone memegang peranan yang sangat penting. Ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan kita dalam memaster burung Kenari yaitu:
  • Usia burung. Sebaiknya burung mulai perdengarkan suara-suara master sejak usianya 30 hari.Tingkat Kecerdasan burung. Semakin cerdas burung, pemasteran akan semakin mudah dan tingkat keberhasilan semakin tinggi. Kecerdasan seekor burung Kenari umumnya tergantung dari faktor genetis (keturunan), faktor nutrisi dan rangsangan luar yang kita berikan.
  • Tingkat Kecerdasan burung dan Jenis Burung. Semakin cerdas burung, pemasteran akan semakin mudah dan tingkat keberhasilan semakin tinggi. Kecerdasan seekor burung Kenari umumnya tergantung dari faktor genetis (keturunan), faktor nutrisi dan rangsangan luar yang kita berikan.
  • Kualitas dari suara master. Semakin baik kualitas suara master yang diperdengarkan, maka peluang keberhasilan akan semakin besar. Pilih suara master yang bersih, jernih, bersuara jelas dan berlagu panjang variatif. JIka menggunakan suara master buatan (Master elektronik), sebaiknya dengan frekuensi suara 50 Hz (infrasound) sampai diatas 20 KHZ (ultrasound), dengan sensitifitas suara 1-5 kH 2000 and 4000 hz (cycles per second).
  • Metode pemasteran yang kita terapkan (Perlakukan Psikologi dan Fisiologi). Proses pemasteran adalah pada waktu burung istirahat, siang hari di dalam rumah, dan malam hari menjelang pagi (jam 22.00-06.00).Dengan pemasteran yang terkonsep dan suasana terisolir. Jauhkan penempatan burung master dan sumber suara master dengan burung yang akan di master. Suara burung master yang terlalu besar dan jarak yang terlalu berdekatan dengan burung yang akan di master, berpotensi tidak akan direkam oleh burung yang akan di master. Banyak kasus juga, hal ini berpotensi bisa membuat burung yang akan di master jadi jatuh mental dan burung bisa stress.
  • Pemberian Nutrisi yang tepat. Untuk meningkatkan kecerdasan burung berikan nutrisi yang tepat dan mampu akan mengoptimalkan funsi kecerdasan otak pada burung kenari.


Menurut Pakar Pemasteran burung Om Irvan Sadewa [ www.smartmastering.com ], dalam pemasteran burung Kenari, Kata kuncinya adalah: Fokus di IRAMA LAGU bukan hanya ISIAN. Suara master yang sangat baik untuk burung Kenari adalah suara-suara yang sesuai dengan karakter dasar burung Kenari. yaitu suara-suara pendek patah-patah yang menyambung panjang.
Beberapa contoh suara master yang baik untuk membentuk LAGU Kenari adalah:
Suara burung keluarga Finch, seperti:
  • Blackthorat berlagu panjang.
  • Herda Sanger berlagu panjang.
  • Mozambik berlagu panjang yang tidak monoton.
  • Goldfich.
  • Siskin.
  • Linnet.
Dan burung Finch lain.
  • Ciblek. Pilih suara ciblek yang berlagu panjang variatif.
  • Gelatik Wingko (Parus Major), pilih yang berlagu panjang variatif.
  • Jalak Suren.
  • Perenjak. Pilih yang bernada bersih dengan speed yang variatif.
  • Dan burung berkicau lain atau nada lain atau bunyi lain yang berkarakter sama dengan karakter dasar lagu burung Kenari.

MASTER ALAMI.
Yang dimaksud dengan Master Alami disini adalah memaster burung berkicau dengan memelihara beberapa burung master hidup. Diharapkan dari suara-suara lagu yang dikeluarkan oleh burung-burung master tadi dapat direkam dan ditirukan oleh burung andalan kita. 

♫♪ MASTER ELEKTRONIK ♪♫.
Yang dimaksud dengan Master Elektronik disini adalah memaster burung berkicau dengan memperdengarkan suara-suara burung master yang telah direkan kedalam media tertentu. Misalnya yang sudah direkam ke dalam media berbentuk Kaset, CD Audio, CD MP3 dan alat master burung. Diharapkan dari suara-suara burung Master yang dikeluarkan oleh perangkat elektronik tersebut, dapat direkam dan ditirukan oleh burung andalan kita. Untuk sebagian besar jenis burung ambang batas frekuensi pendengaran bisa dibawah berada dibawah 50 Hz (infrasound) sampai diatas 20 KHZ (ultrasound), dengan sensitifitas suara 1-5 kH 2000 and 4000 hz (cycles per second).

Kesimpulannya, apabila memaster burung dengan suara master elektronik, pilihlah suara yang benar-benar bersih, frekuensi yang tepat dan memiliki amplitudo yang baik. Suara jernih, bening dan sangat jelas terdengar antar nada pada setiap lagunya.
Sumber: Om Irvan Sadewa









Selain sebagai NUTRISI BURUNG, 
Fungsi Utama, Manfaat Utama VITALIS PREMIUM CANARY FOOD untuk burung adalah:
- Burung Lebih Sehat -
- Meningkatkan Daya Imum, Burung Tidak Mudah Sakit -
- Membantu Proses Rekondisi Pada Burung Yang Sedang Sakit -
- Meningkatkan Stamina Burung -
- Kondisi Burung Tetap Prima dan Anti Stress -
- Burung lebih Cerdas -
- Memacu Pertumbuhan Anakan Burung -
- Mengoptimalkan Pemasteran Anakan Burung kenari  -(Memacu Kecerdasan Burung Kenari)

VITALIS PREMIUM CANARY FOOD mengatasi masalah burung kenari:
- Burung kurang birahi! Stamina Drop -
- Burung malas berkicau setelah mabung -
- Burung ngeriwik tahunan -
- Burung kurang Gacor -


VITALIS PREMIUM CANARY FOOD
Untuk Pakan Burung: Burung Kenari, Burung Blackthoat, Burung Herda Sanger, Burung Mozambik, Burung Sanma, Burung Branjangan, dll.
VITALIS PREMIUM CANARY FOOD [ 180 gr Rp. 25.000 (belum Ongkir) ]

Cara pemesanan / Pemesanan langsung Hub:
Arief Solihin sms/whatsapp : 0812 6387 1432Alamat: Kembaran Rt 03 Rw 20 Kasihan Bantul-Yogyakarta
Yhan Handoko sms : 0858 4265 7074
Alamat: Jl. Wiratama No. 11 Tegalmulyo RT11 RW 02 YK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar